Struktur Kerangka Yang Ada Pada Pesawat Terbang
Assalamuallaikum wr. wb
Semangat pagi, siang, sore, dan malan sahabat sakti tergantung anda membaca nya kapan. Hehe..
awali hari kita selalu dengan sesemangat walaupun banyak rintanagan yang
akan diHadapi. Tetap Semangat...
pada saat ini saya akan menjelaskan tentang struktur kerangka pada pesawat terbang mungkin bagi orang yang awan atau baru mengenal tentang ilmu penerbangan pasti bertanya-tanya apa struktur kerangka pesawat terbang (AIRCRAFT STRUCTURE) dan akan saya jelaskan di bawah dengan lengkap sebelum saya jelasakan apa saja yang ada pada struktur kerangka pesawat terbang kita harus mengetahui bahwa salah satu teknologi yang penting pada pesawat terbang adalah teknologi struktur kerangka nya karena desain kerangka ini harus kuat dan kaku tetapi juga harus tetap ringan.
pesawat harus kuat karena menyangkut dengan keslamatan dan keamanan penumpang, keudian harus kaku karena struktur yang lentur akan merusak karateristik kendali terbang dan bahkan mengakibatkan getaran yang berlebih pada sayap yang mengakibatkan sayap patah, adapun struktur harus ringan karena untuk terbang dengan daya seminimal mungkin
struktur kerangka pesawat terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
- Structure Fuselage
- Wing Structure
Structure Fuselage
Fuselage adalah struktur utama pesawat yang biasa disebut badan pesawat. dalam fuselage tersedia untuk: barang (cargo), pendali (control) atau biasa di sebut dengan cockpit, penumpang (passenger) atau istilah lainnya cabin.
secara umum konstruksi fuselage dikelompokan menjadi 2 yaitu:
- Truss Type (Warren Truss)
- Kelemahan
- kelebihan
Monocoque Type
kelompok monocoque type terbagi menjadi 3 yaitu:
- Monocoque
konstruksi ini terdiri dari formers, bulkhead kedua nya sebagai pembentuk fuselage, skin sebagai penahan tegangan utama. dalam konstruksi ini tidak diberikan penguat lainnya maka skin harus kuat dan kokoh.
konstruksi monocoque adalah suatu konstruksi dimana gaya-gaya/beban yang di terima dan disebarkan ke seluruh kilit(skin).
2. Semi Monocoque
2. Semi Monocoque
konstuksi ini terdiri dari formers, bulkhead, longeron, stringer,skin. konstruksi ini sebagian besar terbuat dari magnesium alloy, aluminium alloy, serta sebagian kecil dibuat dari steel dan titanium untuk daerah temperatur tinggi .
konstruksi ini gaya beban tidak di sebarkan ke selurun skin melainkan disebarkan kr selurun struktur yang ada.
3. Reinforced Cell
konstruksi reinforced cell pada dasar nya sama dengan seperti semi monocoque terdiri dari formers, bulkhead, stringer, skin tetapi tanpa longerons dan sebagai ganti nya memakai tringer yang bnyak dengan menempatkan lebih rapat. perbedaan nya terletak pada skin yang dikuatkan oleh komponen-komponen structual yang lebih lengkap
Wing Structure
wing pada pesawat adalah komponen paling penting tanpa adanya wing (sayap) pesawat tidak dapat terbang dan wing berfungsi penahan pesawat ketika di udara karena itu konstruksi wing haruslah kuat. sebagai untung menghasilkan gaya lift (angkat) dan menahan pesawat ketika di udara, pada kebanyakan pesawat saat ini juga sebagai fuel tank (tenpat bahan bakar) dan tempat bergantungnya engine
secara umum konstruksi sayap pada dasar nya terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
- Monospar
Sayap monospar terdiri dari satu komponen longitudinal utama (spar)yang di pasang, dan rib atau bulkhead yang memberikan bentuk dan konstur dari sayap tersebut komponen sebagai nya sebagai berikut:
- Spar
- Rib
2. multi-spar
sayap multi-spar adalah salah satu jenis struktur wing yang terdiri dari satu komponen longitudinal utama (spar) yang di pasang. dan unntuk memberikan bentuk dan kontur sayap tersebut maka rib atau bulkhead di pasang.
3. Box-Beam
jenis sayap box-beam konstruksi nya menggunakan 2 komponen longitudinal utama (Spar), dan rib atau bulkhead sebagai pembentuk sayap tersebut
sekian penjelasan tentang aircraft structure apabila ada kesalahan dalam penulisan yang saya sampaikan mohon maaf sebasar-besar nya apabila ini request untuk blog saya kedapan nya silakan komentar di bawa sekian dan terima kasih...........
Comments
Post a Comment