Struktur Kerangka Yang Ada Pada Pesawat Terbang

Assalamuallaikum wr. wb
Semangat pagi, siang, sore, dan malan sahabat sakti tergantung anda membaca nya kapan. Hehe.. awali hari kita selalu dengan sesemangat walaupun banyak rintanagan yang akan diHadapi. Tetap Semangat...
pada saat ini saya akan menjelaskan tentang struktur kerangka pada pesawat terbang mungkin bagi orang yang awan atau baru mengenal tentang ilmu penerbangan pasti bertanya-tanya apa struktur kerangka pesawat terbang (AIRCRAFT STRUCTURE) dan akan saya jelaskan di bawah dengan lengkap sebelum saya jelasakan apa saja yang ada pada struktur kerangka pesawat terbang kita harus mengetahui bahwa salah satu teknologi yang penting pada pesawat terbang adalah teknologi struktur kerangka nya karena desain kerangka ini harus kuat dan kaku tetapi juga harus tetap ringan. 

pesawat harus kuat karena menyangkut dengan keslamatan  dan keamanan penumpang, keudian harus kaku karena struktur yang lentur akan merusak karateristik kendali terbang dan bahkan mengakibatkan getaran yang berlebih pada sayap yang mengakibatkan sayap patah, adapun struktur harus ringan karena untuk terbang dengan daya seminimal mungkin 

struktur kerangka pesawat terbagi menjadi 2 bagian yaitu:
  1. Structure Fuselage
  2. Wing Structure 
Structure Fuselage
Fuselage adalah struktur utama pesawat yang biasa disebut badan pesawat. dalam fuselage tersedia untuk: barang (cargo), pendali (control) atau biasa di sebut dengan cockpit, penumpang (passenger) atau istilah lainnya cabin.

secara umum konstruksi fuselage dikelompokan menjadi 2 yaitu:
  1. Truss Type (Warren Truss)








Rangka truss biasanya terbuat dari pipa baja yang di las (welding) satu sama lain. rangka truss dibuat dari aluminium paduan (aluminium alloy) yang dirangkai dengan cara di rivet atau di baut antara bagian satu dengan bagian lainnya. untuk menambah kekuatan dibuatkan penguat silang munggunakan batang atau pipa padat. pesawat yang menggunakan konstruksi ini adalah pesawat kecil seoerti pesawat experimental, psawat swasaya, pesawat latih yang tidak diperuntukan untuk membawa penumpang banyak. sebagai contoh pesawat yang menggunakan konstruksi ini adalah pesawat PIPER L-4J
  • Kelemahan 
                konstruksi tidak kuat, daya angkat minimum, maintenance nya sulit
  • kelebihan
                konstruksi nya mudah



Monocoque Type
 kelompok monocoque type terbagi menjadi 3 yaitu:
  1.  Monocoque


konstruksi ini terdiri dari formers, bulkhead kedua nya sebagai pembentuk fuselage, skin sebagai penahan tegangan utama. dalam konstruksi ini tidak diberikan penguat lainnya maka skin harus kuat dan kokoh.
konstruksi monocoque adalah suatu konstruksi dimana gaya-gaya/beban yang di terima dan disebarkan ke seluruh kilit(skin).

      2. Semi Monocoque



konstuksi ini terdiri dari formers, bulkhead, longeron, stringer,skin. konstruksi ini sebagian besar terbuat dari magnesium alloy, aluminium alloy, serta sebagian kecil dibuat dari steel dan titanium untuk daerah temperatur tinggi .
konstruksi ini gaya beban tidak di sebarkan ke selurun skin melainkan disebarkan kr selurun struktur yang ada.

     3. Reinforced Cell 



konstruksi reinforced cell pada dasar nya sama dengan seperti semi monocoque terdiri dari formers, bulkhead, stringer, skin tetapi tanpa longerons dan sebagai ganti nya memakai tringer yang bnyak dengan menempatkan lebih rapat. perbedaan nya terletak pada skin yang dikuatkan oleh komponen-komponen structual yang lebih lengkap 


Wing Structure
wing pada pesawat adalah komponen paling penting tanpa adanya wing (sayap) pesawat tidak dapat terbang dan wing berfungsi penahan pesawat ketika di udara karena itu konstruksi wing haruslah kuat. sebagai untung menghasilkan gaya lift (angkat) dan menahan pesawat ketika di udara, pada kebanyakan  pesawat saat ini juga sebagai fuel tank (tenpat bahan bakar) dan tempat bergantungnya engine

secara umum konstruksi sayap pada dasar nya terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

  1. Monospar
 Sayap monospar terdiri dari satu komponen longitudinal utama (spar)yang di pasang, dan rib atau bulkhead yang memberikan bentuk dan konstur dari sayap tersebut komponen sebagai nya sebagai berikut:

  • Spar
   spar adalah bagian utama struktur pesawat yang memanjang pararel terhadap sumbu lateral 
  •  Rib
   Rib adalah struktur wing yang membentuk aerofoil yang memberi bentuk lengkung pada sayap
 
       2. multi-spar
 


sayap multi-spar adalah salah satu jenis struktur wing yang terdiri dari satu komponen longitudinal utama (spar) yang di pasang. dan unntuk memberikan bentuk dan kontur sayap tersebut maka rib atau bulkhead di pasang.

       3. Box-Beam


 jenis sayap box-beam konstruksi nya menggunakan 2 komponen longitudinal utama (Spar), dan rib atau bulkhead sebagai pembentuk sayap tersebut



sekian penjelasan tentang aircraft structure apabila ada kesalahan dalam penulisan yang saya sampaikan mohon maaf sebasar-besar nya apabila ini request untuk blog saya kedapan nya silakan komentar di bawa sekian dan terima kasih...........

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Pesawat Terbang Dalam Dunia Islam